Pelanggan?
Berbicara pelanggan tentu fikiran kita tertuju pada kegiatan bisnis, dan tidak salah. bukankah kalian masih ingat bahwa bisnis adalah suatu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan tujuan ntuk memperoleh keuntungan. Sinergi dengan kegiatan bisnis, tentu melibatkan pembeli. Lalu apa arti pelanggan?
Pelanggan adalah pembli suatu produk baik untuk dikonsumsi sendiri maupun di jual kembali yang dilakukan secara berulang.
Kenapa konsumen ini membeli secara berulang? karena pada proses interaksi bisnis, dia memperoleh kepuasan dari kegiatan tersebut. Kepuasan yang konsumen peroleh bisa berasal dari Layanan bisnis, Harga, kwalitas barang dll..
Pada dasarnya Pelanggan itu asalnya dari konsumen biasa yang menggunakan produk dari suatu perusahaan dan memperoleh kepuasan dan interaksi ang saling menguntungkan.
Ada berapa jenis pelanggan?
1. Pelanggan Internal
Pelanggan internal merupakan pelanggan yang tidak mengkonsumsi suatu barang ataupun jasa secara langsung tetapi membeli untuk di jual lagi kepada orang lain.Pelanggan jenis ini dapat berupa produsen atau agen penjualan yang bekerjasama dengan perusahaan penyedia barang ataupun jasa. pelanggan jenis ini akan di peroleh perusahaan dengan jalan memberikan keuntungan lebih untuk pelanggan tsb agar tetap setia dengan perusahaan dan pelanggan jenis ini memberi keuntungan lebih banyak untuk perusahaan.
Pelanggan eksternal merupakan pelanggan yang secara aktif langsung mengkonsumsi barang maupun jasa yang mereka beli. pelanggan jenis ini juga disebut sebgai konsumen akhir. Biasanya didapatkan oleh perusahaan karena mutu dan kualitas barang maupun jasa yang dirasakan olehnya membuat dia setia terhaap produk. dengan memberikan kualitas terbaik dari barang ataupun jasa yang kita jual, kita akan mendapatkan komitmen yang besar dari pelanggan eksternal ini.
Dari kedua jenis pelanggan tersebut, pada dasarnya pelanggan yang memberikan keuntungan lebih besar adalah pelanggan internal. Pelanggan internal lebih memiliki andil yang besar dalam proses penemuan pelanggan pelanggan baru untuk perusahaan sedangkan pelanggan eksternal cenderung tidak memberikan kontribusi yang besar terhadap pertambahan pelanggan sebuah perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar