Pengertian Produk
( untuk siswa SMK Bisinis daring dan Pemasaran kelas X Mapel Komunikasi Bisnis KD 04)
Menurut para ahli, Produk memiliki pengertian sbb:
1. Philip Kotler
Menurut Philip Kotler, pengertian produk
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan, dimiliki, dipergunakan atau
dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen, termasuk
di dalamnya fisik, jasa, orang, tempat organisasi dan gagasan.
2. William J. Stanton
Menurut
William J. Stanton, pengertian produk secara umum adalah sekumpulan atribut
yang nyata maupun tidak nyata yang di dalamnya tercakup warna, harga, kemasan,
prestise, pengecer dan pelayanan dari pabrik, yang mungkin diterima oleh
pembeli sebagai sesuatu yang dapat memuaskan keinginannya.
3. Fandy Tjiptono
Menurut
Fandy Tjiptono, pengertian produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan
produsen untuk diperhatikan, ditanyakan, dicari, dibeli, digunakan/dikonsumsi
oleh pasar sebagai pemenuhan kebutuhan/ keinginan pasar yang relevan.
4. Djaslim Saladin
Menurut
Djaslim Saladin, pengertian produk secara umum adalah segala sesuatu yang dapat
memenuhi dan memuaskan kebutuhan atau keinginan manusia, baik yang berwujud
maupun tidak berwujud.
5. Basu Swastha dan Irawan
Menurut
Basu Swastha dan Irawan, definisi produk adalah sesuatu yang bersifat kompleks,
baik yang dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk kemasan, warna,
harga, prestise perusahaan, pelayanan pengusaha, dan pengecer, yang diterima
pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan.
Klasifikasi dan Jenis-Jenis Produk
Produk
dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, baik berdasarkan wujud dan daya
tahannya, maupun berdasarkan konsumennya dan produk apa yang dikonsumsi.
Menurut Philip
Kotler, adapun jenis-jenis produk adalah sebagai berikut:
A. Produk Konsumsi
Definisi
produk konsumsi adalah semua produk yang digunakan oleh konsumen tingkat akhir (end
user). Dengan kata lain, produk tersebut tidak dijual kembali tapi
digunakan langsung oleh konsumen.
Produk
konsumsi dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian:
1. Produk Kebutuhan Sehari-hari (Convenience Goods); yaitu produk yang sangat diperlukan dan mudah habis jika
digunakan sehingga sering dibeli oleh konsumen. Beberapa contohnya; bahan
makanan, minuman, sabun mandi, sabun cuci, dan lain sebagainya.
2. Produk Belanjaan (Shooping Goods); yaitu produk yang
dibeli dengan cara membandingkan antara satu produk dengan produk lainnya yang
sejenis, bagi dari sisi harga, kualitas, spesifikasi, dan kualitasnya. Beberapa
contoh yang termasuk dalam produk belanjaan diantaranya; televisi, smartphone,
sepatu, laptop, dan lain sebagainya.
3. Produk Khusus (Specialty Goods); yaitu produk yang
memiliki karakteristik khusus yang memiliki kesan mewah dan istimewa, dimana
sekelompok konsumen bersedia membayar dengan harga tinggi untuk mendapatkan
produk tersebut. Beberapa contohnya; mobil mewah, perhiasan, smartphone mewah,
atau produk limited edition.
4. Unsought Goods; yaitu produk yang tidak diketahui oleh konsumen, dan bahkan
jika diketahui oleh konsumen, mereka belum tentu tertarik untuk membelinya.
Beberapa contohnya; peti mati, batu nisan, tanah pemakaman, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar